<< / >>

Deskripsi:

Perkembangan studi-studi media dan budaya atau yang lebih dikenal sebagai kajian media dan budaya atau media cultural studies di Indonesia mulai marak di tahun 2000 an. Ketika mulai bermunculan analisis-analisis teks dengan pendekatan semiotika dan analisis wacana. Perkembangan ini menjadi pesat, ketika mahasiswa Ilmu-ilmu sosial dan humanisme mulai menggemari metodologi yang ditawarkan oleh tradisi studi-studi media dan budaya dari British Cultural Studies dan Frankfrut School. Sayangnya buku-buku referensi yang dipakai masih banyak berbahasa Inggris. Menjawab keresahan mahasiswa, sekaligus “janji” penulis kepada mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Airlangga untuk menghasilkan karya buku yang bisa dipakai sebagai panduan selama mengikuti kuliah, maka buku ini ditulis dan diterbitkan. Dengan harapan, Semoga apa yang ditulis ini mampu memberikan pencerahan dan arahan yang lebih autentik bagi mahasiswa. Buku ini tentu saja diharapkan memberikan penjelasan, pemahaman, dan teknik-teknik dasar tentang penelitian kualitatif dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Studi Media dan Budaya. Penelitian Kajian Media dan Budaya di Indonesia termasuk hal yang baru, sehingga sebagian besar materi yang disampaikan dalam buku ini bersumberkan dari literatur-literatur dan sumber pustaka asing dari sumber pertamanya, maupun dari beberapa buku asing yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Petunjuk penggunaan buku ini adalah sebagai berikut: a. Contoh-contoh kasus dan fenomena yang dijelaskan dalam buku ini semata untuk memberikan gambaran praktis kepada mahasiswa. Mahasiswa diharapkan bisa kreatif untuk memilih contohnya sendiri atau fenomena yang menarik bagi mahasiswa sendiri, tidak harus mengikuti contoh-contoh fenomena yang dijelaskan dalam buku ini. b. Buku ini menjadi acuan bagi mahasiswa yang akan menyusun proposal penelitian dan penulisan skripsi atau tesis. c. Diharapkan mahasiswa membaca buku-buku yang disarankan dalam bibliografi yang disediakan dalam buku ini sebagai bahan bacaan lanjutan supaya pemahaman bisa holistik dan tidak hanya mencontoh langsung buku ini tanpa pemahaman yang baik. d. Selesai membaca seluruh penjelasan dalam setiap bab nya diharapkan mahasiswa mencoba menjawab evaluasi yang disediakan dalam buku ini untuk mengukur pemahaman yang telah diperoleh e. Diagram, tabel, dan ilustrasi gambar yang ada dalam buku ini hendaknya dipahami sebagai cara berpikir logis dan memperjelas kerangka berpikir mahasiswa.

Eksemplar:

No Kondisi Harga Ketersediaan Lokasi Perpustakaan Lokasi Penyimpanan