<< / >>

Deskripsi:

Buku ini disusun untuk memberikan pencerahan dan membantu para pembaca, wirausahawan dan mahasiswa dalam mendapatkan referensi, khususnya yang berkaitan dengan bagaimana beretika bisnis yang baik dan berwirausaha yang benar. Buku ini hadir dan menjadi sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon wirausaha dan para wirausaha sebagai rujukan dan panduan dalam berwirausaha dan beretika. Sebab secara jangka panjang, etika memiliki nilai plus dibandingkan laba yang mengesampingkan unsur etika. Wirausaha yang baik bukan sekadar mengejar keuntungan semata, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menentukan pola komunikasi agar tidak melenceng dari konsep yang ada, baik itu konsep tertulis maupun konsep tak tertulis. Seorang wirausaha bisa saja meraup keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Namun jika ia mengabaikan etika dalam berbisnis, bisa dipastikan keuntungan yang diperoleh tidak bertahan lama. Padahal dalam berwirausaha, keuntungan yang ingin diraih bukan sekadar sekali atau dua kali, akan tetapi dalam jangka panjang dan terus-menerus. Dengan kewirausahaan yang baik, dibarengi dengan etika bisnis yang baik akan memunculkan keuntungan yang berkesinambungan. Pembahasan buku ini berisi dua topik penting yaitu etika bisnis dan kewirausahaan. Dibahas dalam 13 bab, dengan sejumlah sub bab. topiktopik utama yang dibahas diawali dari Etika dan Teori Etika; meliputi: Pengertian etika dan unsur-unsurnya, Teori, prinsip-prinsip etika dan pentingnya pemahaman etika dan manfaat etika dalam bisnis, Penerapan etika dalam perusahaan dan pertimbangan moral dan normatif dalam etika serta perbedaan metode dalam teologi moral. Etika dalam berbisnis; meliputi: Aspek penting dalam berbisnis; pengertian dan manfaat etika bisnis, peran dan prinsip etika dalam bisnis, pentingnya etika bisnis dalam dunia bisnis, penerapan etika dalam organisasi perusahaan, dan indikator etika bisnis, masalah etika dalam bisnis dan contoh pelanggaran etika bisnis. Etika bisnis dalam era Globalisasi; meliputi: Peran dan manfaat etika bisnis dalam era global, Etika bisnis di era globalisasi, dan Etika bisnis dalam persaingan usaha. Kemudian menjelaskan tentang Etika bisnis dan Good Corporate Governance; meliputi: Pengertian, prinsip-prinsip, tujuan dan manfaat Good Corporate Governance, Karakteristik dan kaitan Good Corporate Governance dengan etika bisnis, dan hubungan etika bisnis dan Corporate Social responsibility, organ khusus dalam penerapan Good Corporate Governance dan tanggung jawab sosial perusahaan. Perspektif etika bisnis dalam ajaran Islam dan Barat; pembahasan meliputi: Beberapa aspek etika bisnis Islami, etika bisnis Islam dalam Al-Quran dan Hadis, Ketentuan umum etika bisnis dalam Islam, perbedaan etika bisnis Islam dengan barat, Fungsi substansial etika bisnis Islam, urgensi nilai etika dan moral di era modern, tanggung jawab dan kewajiban moral. Selanjutnya dalam bab lain dibahas tentang budaya organisasi dan etika bisnis; meliputi: pengertian, fungsi, tipe, jenis, ciri dan topologi, karakteristik dan faktor mempengaruhi budaya organisasi, pengaruh etika bisnis terhadap budaya organisasi, etika profesi, dan tanggung jawab moral etika, dan isu-isu terkait dengan etika bisnis, serta pendukung dan penentang etika bisnis. Selanjutnya membahas tentang konsep kewirausahaan; meliputi: ruang lingkup studi kewirausahaan, pengertian kewirausahaan dan wirausaha, fungsi dan prinsip kewirausahaan, dan manfaat kewirausahaan, profil dan karakteristik kewirausahaan. Mindset kewirausahaan, pembahasannya meliputi: cara membangun entrepreneurial mindset, dan mengembangkan mindset positif wirausaha, dan pengembangan kewirausahaan, Sikap entrepreneur, hakikat dan keuntungan kewirausahaan, jurus awal memulai berwirausaha, berani bermimpi, mencoba dan berani gagal. Selanjutnya membahas tentang motivasi berwirausaha; meliputi: pentingnya berwirausaha sejak dini, motivasi kewirausahaan, dan berbagai keuntungan dan kerugian menjadi berwirausaha. Pentingnya kompetensi kewirausahaan; meliputi: pengertian kompetensi kewirausahaan, jenis-jenis kompetensi kewirausahaan dan pentingnya kompetensi kewirausahaan, cara menumbuhkan jiwa dan sikap kewirausahaan, dan langkah menuju pertumbuhan kewirausahaan. Pentingnya kreativitas dan inovasi kewirausahaan; pembahasan meliputi: Ide bisnis dan peluang kewirausahaan, pentingnya kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan, cara mengembangkan kreativitas dan inovasi dan faktor pendukung keberhasilan inovasi. Strategi menangkap peluang bisnis; pembahasan meliputi: berbagai kesempatan dan peluang berwirausaha, strategi menangkap peluang usaha, dan peluang usaha di sekitar kita, strategi memilih jenis usaha dan sifat wirausaha sukses. Bab terakhir dijelaskan tentang bisnis rumahan yang dapat dikembangkan; meliputi: keunggulan bisnis rumahan, persiapan untuk memulai bisnis rumahan, cara memotivasi diri dan keluarga untuk berbisnis rumahan dan membangun jaringan bisnis, strategi memilih lokasi usaha dan jenisjenis bisnis rumahan yang prospektif.

Eksemplar:

No Kondisi Harga Ketersediaan Lokasi Perpustakaan Lokasi Penyimpanan