<< / >>

<< >>

Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi fisik maupun non fisik yang terjadi secara teratur dan terorganir berlangsung sepanjang kehidupan manusia. Pertumbuhan dan perkembangan jika kita telaah bersama dari sudut pandang psikologi berbeda. Pertumbuhan dapat diartikansebuah perubahan secara kuantitatif pada fisik manusia baik faktor internal dan eksternal. Sedangkan perkembangan adalah perubahan secara kualitatif yang bersifat jasmani dan rohani manusia yang saling berkesinambungan menuju ke arah yang lebih baik, dan pertumbuhan ini ada batasannya, sedangkan perkembangan terjadi sepanjang hayat manusia tidak ada batasannya Pendidikan adalah merupakan sebuah proses yang terdiri dari beberapa tahap, diantaranya tahap perkembangan, perkembangan ini merupakan suatu yang muncul pada periode tertentu dalam khidupan individu atau kehidupan masyarakat, dan apabila tugas itu dapat berhasil diselesaikan maka akan membawa kesuksesan dalam khidupan, dan apabila gagal maka akan menyebabkan ketidak bahagiaan pada diri individu atau masyarakat, maka secara otomatis akan menimbulkan penolakan dalam masyarakatdan akan mengahdapi kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas nya pada periode berikutnya, oleh sebab itu kemampuan dapat menilai dan memahami agar lebih melihat tentang perkembangan peserta didiknya dan menjadi prasyarat penting dalam proses pembelajaran.