<< / >>

<< >>

Deskripsi:

Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan, instansi pemerintah wajib mengikuti kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Namun kebijakan pemerintah pusat selalu bersifat umum sehingga untuk melaksanakannya instansi pemerintah harus mengembangkan standard operating procedures (SOP). Agar pelaksanaan kebijakan tersebut efektif, efisien, dan taat peraturan, SOP yang dikembangkan harus berbasis sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP). Buku ini menjelaskan metode pengembangan SOP khusus lembaga pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Secara rinci dan jelas, buku ini mengupas: • Pengertian, manfaat, tujuan, dan sasaran SOP. • Prinsip-prinsip penyusunan, pelaksanaan, dan siklus SOP. • Sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP). • Penilaian risiko dalam penyusunan SOP. • Jenis, format, dokumen, dan penetapan SOP. • Langkah-langkah penyusunan SOP. • Contoh penyusunan SOP. Buku ini terutama ditujukan untuk pejabat yang bekerja di lingkungan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang terkait dengan sistem pengendalian, pelaporan dan sistem pengendalian pelaksanaan APBN. Meskipun demikian, akademisi bidang pemerintahan juga bisa memanfaatkan buku ini.