<< / >>

Deskripsi:

Perekonomian negara Indonesia sebagian besar disokong oleh adanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini berlangsung sudah sejak lama, yakni saat terjadi kiris keuangan di tahun 1998 hingga di era digital saat ini. Bahkan di tengah sulitnya ekonomi Indonesia pada masa pandemi covid-19, keberadaan UMKM menjadi salah satu alat bantu pemerintah dalam menjalankan roda perekonomian untuk masyarakat luas. Hal ini pun diakui oleh pemerintah yang dibuktikan dengan adanya bantuan pemerintah secara khusus untuk pelaku UMKM berupa pembebasan bunga pinjaman hingga kemudahan pengajuan pinjaman modal usaha. Keberadaan UMKM dan pelaku kewirausahaan di Indonesia harus senantiasa ditumbuh-kembangkan, dirawati dan didorong agar senantiasa lebih maju. Pengupayaan hal-hal tersebut dapat dilakukan melalui pelaksanaan proses manajerial UMKM dan kewirausahaan yang terencana, matang, dan terstruktur. Melalui pelaksanaan kajian teori dan telaah artikel, enam tulisan yang ada di buku ini secara khusus membahas mengenai topik Manajemen UMKM dan Kewirausahaan. Di tulisan pertama yang berjudul, “Small Bussiness Management, Enterpreneurship and Ownership” dibahas seputar topik peranan enterpreneur dalam perekonomian, apa ciri-ciri seorang entrepreneur, kelebihan menjadi seorang entrepreneur, pembahasan mengenai ownership / kepemilikan kunci dunia bisnis, hingga tipe pemilihan UMKM. Sedangkan di tulisan kedua yang berjudul, “Human Resource Management for SMEs”, secara spesifik membahas bagaimana HRM untuk UMKM dapat diterapkan dengan memulai dari tahap rekrutmen, seleksi, penempatan dan pelatihan, kompensasi serta kepemimpinan dan perannya dalam memotivasi bawahan. Para pelaku UMKM diharapkan sudah mulai memperhatikan hak dan kewajiban karyawannya secara profesional dengan memperhatikan kaidah-kaidah HRM. Untuk itu penerapan HRM secara formal pada UMKM sangat diperlukan meski dalam konsep yang lebih sederhana agar UMKM memiliki keunggulan kompetitif dan berkelanjutan. Di tulisan ketiga yang berjudul, “Production Management and Distribution for SMEs” membahas manajemen produksi dan distribusi untuk SME’s yang tidak terlepas dari beberapa indikator yang dapat dikembangkan untuk mencapai kinerja UMKM maupun UKM secara maksimal. Pengembangan hasil riset manajemen produksi dan distribusi dalam tulisan ini difokuskan pada pengembangan produk baru (NPD) dan Total Quality Manajement (TQM) di sektor SME’s dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja. Manajemen Produksi yang diaplikasikan dalam pengembangan riset NPD dalam tulisan ini menjelaskan beberapa variabel seperti permintaan konsumen, fitur proses produksi, fitur teknologi, proses inovasi dan memperkenalkan produk baru. Di tulisan keempat yang berjudul, “Marketing Management for SMEs” membahas terkait gambaran manajemen pemasaran yang dilakukan ole UMKM hingga bagaimana strategi mencapai keberhasilannya, terlebih di era digital saat ini. Filosofi bisnis berdasarkan konsep pemasaran dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu: marketing concept, production concept dan relationship marketing. Marketing concept memiliki arti bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen menentukan barang dan jasa seperti apa yang akan diproduksi. Konsep ini menekankan bahwa setiap barang dan jasa yang dijual atau ditawarkan merupakan keinginan dan kebutuhan konsumen. Di tulisan kelima yang berjudul, “Finance Manegement for SMEs” membahas terkait pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan perusahaan. Pengelolaan keuangan dapat dilakukan melalui akuntansi yang merupakan proses sistematis untuk menghasilkan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi penggunanya. Di tulisan terakhir, yakni tulisan keenam yang berjudul, “Corporate Social Responsibility, Ethic and Strategic Planning” membahas terkait bagaimana menanggapi bahwa semua orang yang dapat terpengaruh oleh bisnis dan tanggung jawab sosial memandu apa yang harus dilakukan pelaku usaha. Jika dilihat dengan cara ini, tanggung jawab sosial, etika, dan perencanaan strategis tidak hanya berhubungan tetapi juga tidak mungkin dipisahkan. Melalui ketidaksempurnaan tulisan-tulisan dalam buku ini diharapkan mampu menghadirkan pemikiran-pemikiran baru yang bermanfaat dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM dan kewirausahaan di Indonesia. Baik dalam skala kuantitas maupun dalam skala kualitas, sehingga masyarakat Indonesia dapat tumbuh menjadi masyarakat yang berkualitas dan berdigdaya. Demikian pula, ekonomi Indonesia menjadi perekonomian yang kuat dan maju.

Eksemplar:

No Kondisi Harga Ketersediaan Lokasi Perpustakaan Lokasi Penyimpanan