<< / >>

<< >>

Bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat. Menurut arti dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai “the buying and selling of goods and services.” Bisnis berlangsung karena adanya kebergantungan antarindividu, adanya peluang internasional, usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup, dan lain sebagainya.1 Bisnis juga dipahami dengan suatu kegiatan usaha individu (privat) yang terorganisasi atau melembaga, untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Buku ini dibagi ke dalam tiga bagian. Bagian pertama membahas mengenai Kajian tentang Kepercayaan (trust) dalam Bisnis dan Pemasaran Islam. Bagian kedua memuat ajaran tentang kepercayaan (the spirit of trust) sebagai konstruksi atas kepercayaan yang transenden (transcendental trust) dalam bisnis dan pemasaran Islam. Dan bagian terakhir membahas mengenai kepercayaan transenden (transcendental trust) dalam bisnis Islam. Dalam buku ini juga dibahas uraian mengenai relasi trust di antara pelaku bisnis, perusahaan, pasar dan masyarakat pada umumnya.