<< / >>

<< >>

Setiap orang selalu mendambakan tubuh yang sehat dan bugar. Sehat adalah keadaan sejahteradari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial danekonomis. Bugar adalah kemampuan tubuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkankelelahan fisik dan mental yang berlebihan. Pertambahan usia, peningkatan pencemaran, pola hidupyang salah, pola makan yang tidak teratur, olahraga yang semakin jarang dilakukan, sedikit demisedikit menggerogoti kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Dampak negatif dari kemajuanilmu pengetahuan dan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia di setiap sektor, ternyatajuga menjadi biang keladi menurunnya tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Sebagaicontoh, kendaraan bermotor membuat seseorang jarang berjalan, tubuh yang jarang digerakkandapat terserang penyakit dengan mudah dibandingkan dengan tubuh yang selalu digerakkan. Makanansiap saji, meskipun kurang baik bagi kesehatan karena kandungan bahan kimiawi di dalamnya,ternyata mampu mengubah pola makan seseorang dengan menggeser konsumsi makanan segar.Kesehatan memang mahal harganya. Namun sangat disayangkan, ungkapan tersebut barudisadari ketika seseorang telah menderita suatu penyakit, sehingga untuk memulihkan kesehatandiperlukan biaya yang sangat mahal. Padahal, apabila kesadaran untuk menjaga kesehatan dankebugaran tubuh dilakukan sejak dini, tidak perlu membuang biaya untuk sembuh dari berbagaimacam penyakit. Ironisnya, pada zaman modern ini, hampir setiap orang melupakan kesehatannyakarena menghabiskan masa muda untuk bekerja demi uang, namun di masa tua, mereka menghabiskanuang untuk mendapatkan kembali kesehatannya.Buku ”26 Kiat Tubuh Sehat dan Bugar” ini berisi kiat-kiat ringan untuk menjaga kesehatan dankebugaran tubuh yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari tanpa menguras biaya yangberlebihan. Beberapa di antara kiat-kiat tersebut mengambil tema ”back to nature”, karena sayuran,buah-buahan, dan tanaman obat memiliki khasiat yang terbukti lebih efektif daripada mengonsumsimakanan siap saji ataupun obat-obatan buatan. Buku ini juga memuat tips-tips singkat melatih gerakbadan dan pernapasan. Kunci keberhasilan menerapkan kiat-kiat dalam buku ini adalah keteraturandan keseimbangan. Ingatlah, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati.